5 Cara Mempercepat Koneksi Internet

5 Cara Mempercepat Koneksi Internet. Browsing internet dengan kecepatan tinggi sangatlah menyenangkan, berbagai macam cara dilakukan untuk mempercepat koneksi internet. Terkadang, untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat, pengguna menggunakan software atau settingan tertentu yang diyakini dapat mempercepat koneksi internet. Seringkali alasan mengapa Anda memiliki kecepatan koneksi internet yang lebih lambat dibandingkan dengan kecepatan koneksi internet yang dirasakan oleh pengguna lainnya adalah karena Anda memiliki begitu banyak aplikasi yang membuat network request terlalu banyak. Ketika Anda memotong network request – network request tersebut, maka lebih banyak bandwidth akan tersedia untuk Anda. Lalu bagaimana cara untuk mengefisiensikan network request supaya browsing lebih cepat? berikut 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet :


1. Menggunakan Sebuah IM Client Bebas iklanSalah satu aplikasi favorit banyak orang adalah aplikasi chatting (instant messenger). Mereka bannyak melakukan percakapan via internet dengan mengggunakan aplikasi terkenal seperti Yahoo Messenger dan Windows Live Messenger.
Apa hubungannya dengan kecepatan internet? tentu saja hubungannya adalah dengan semakin banyaknya iklan yang ditampilkan di aplikasi tersebut, maka semakin banyak jatah speed internet kita yang terpakai untuk menampilkan iklan (yang seringkali tidak kita inginkan) tersebut. Dan efek akhirnya adalah, kecepatan internet kita terasa menjadi turun.
Sebagai solusinya, saya menyarankan untuk menggunakan aplikasi chatting yang bebas dari iklan supaya kecepatan bandwidth internet Anda tidak termakan habis oleh iklan. 


2. Gunakan Sebuah Email Notifier
Seringkali orang me-load sebuah email client berkali-kali dalam satu jam, atau membuka halaman layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail berkali-kali dalam satu jam untuk mengecek apakah ada email baru yang masuk ke dalam inbox mereka ataukah tidak ada. Disadari atau tidak, hal seperti itu sangatlah boros bandwidth dan membuat kecepatan internet menjadi lambat karena penggunaan yang terus menerus untuk pengecekan email.
Sebagai solusinya, supaya hemat bandwidth internet,  kecepatan meningkat dan juga waktu terhemat, saya menyarankan untuk menggunakan aplikasi email notifier. Aplikasi email notifier akan bekerja dengan cara memantau inbox Anda secara otomatis dan memberitahukan kepada Anda jika ada email baru yang masuk.

3. Menggunakan Google Earth, bukan Google Maps
Saat sekarang semakin  banyak orang yang menggunakan Google Maps dan Google Earth dalam keseharian mereka. Mulai dari keperluan meneliti tempat tujuan, bertualang, hingga mengundang teman, banyak memanfaatkan aplikasi gratis besutan Google yang satu ini. Keduanya, tidak bisa dipungkiri, memang merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat bagi banyak orang. Akan tetapi tahukah Anda bahwa penggunaan bandwidth keduanya bisa menjadi sangat berbeda jauh? Tepatnya, penggunaan bandwidth Google Maps bisa lebih besar daripada Google Earth. Kenapa demikian? Jawabannya adalah karena jika Anda memakai Google Earth, aplikasi ini hanya akan memuat konten peta yang dibutuhkan saja. Sisanya, tidak akan didownload atau akan diambil dari cache (simpanan data) yang telah berada di komputer Anda. Berbanding terbalik dengan Google Maps yang akan membuat konten peta secara keseluruhan.

4. Coba Untuk Tidak Menggunakan Browser Add On / Extension / Toolbar
Banyak pengguna browser internet yang memasang banyak addon/extension yang berlebihan di browser mereka. Padahal, kalau ditilik lebih lanjut, hal-hal seperti itu adalah salah satu penyebab lambatnya koneksi internet. Kenapa hal itu terjadi? Hal itu karena banyak dari addon/toolbar tersebut melakukan koneksi terus menerus dengan external server di internet yang mengakibatkan pemborosan bandwidth luar biasa yang pada akhirnya akan membuat kecepatan internet menurun drastis.

5. Mengakses Internet Ketika Pengguna Lain Tidak Menggunakannya
Tips yang satu ini bisa dibilang merupakan “pelarian terakhir”  ini  jika setelah Anda menjalankan berbagai tips sebelumnya kecepatan internet tetap terasa kurang.
Dan untuk tips yang terakhir ini, sepertinya sangat mudah dijalankan, yaitu : akseslah internet pada saat orang lain tidak menggunakannya, atau saat tidak banyak orang lain yang menggunakan internet di waktu yang sama.
Nah, jalur koneksi internet Anda pun demikian, dia memiliki lebar yang terbatas dan memiliki pengguna yang sangat banyak. Karenanya, jika Anda menggunakan internet pada waktu orang lain ramai menggunakannya, wajar saja jika koneksi internet Anda terasa lambat dan tidak menyenangkan.
Nah, jika untuk sementara waktu memang jatah speed internet Anda belum bisa diupgrade, dan juga Anda tidak dalam kondisi yang terlalu mendesak untuk menuntaskan pekerjaan Anda dengan segera, cobalah untuk menunda berinternet hingga waktu agak kosong, supaya tidak berebut jatah speed dengan pengguna lain.


sekian 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet. semoga bermanfaat.
sumber
Dapatkan update artikel terbaru kami langsung ke email anda

No Responses to "5 Cara Mempercepat Koneksi Internet"

Post a Comment

pasang iklan murah